Friday 12 March 2010

Komisi I DPR Tinjau Perbatasan Indonesia-Timor Leste

TEMPO Interaktif, Kupang Selasa, 09 Maret 2010
Komisi I DPR RI meninjau lokasi perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste yang masih disengketakan oleh kedua negara. "Kita akan meninjau langsung daerah perbatasan yang masih disengketakan kedua negara ini," kata Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Tubagus Hasanudin, di Kupang, Selasa (9/3).

Empat titik wilayah darat yang masih disengketakan antara Indonesia dan Timor Leste yakni Desa Noelbesi di Kabupaten Kupang, Bijaelsunan dan Oben di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) serta Malibaka di Kabupaten Belu.

Menurut dia, masalah perbatasan kedua negara merupakan isu internasional yang perlu mendapat perhatian khusus untuk penyelesaiannya. Karena itu, Komisi I akan mencocokkan data dari pemerintah daerah dengan kondisi di lapangan. "Data awal dari pemerintah daerah yang ada akan kami cocokan dengan kondisi di lapangan," katanya.

Tubagus menegaskan, pihaknya akan fokus pada penyelesaian perbatasan darat antara Indonesia dan Timor Leste. Hal itu penting karena batas laut akan sulit dibahas jika batas darat belum selesai. Selain masalah perbatasan, kata anggota Fraksi PDI Perjuangan ini, pihaknya juga akan melihat dari dekat kesejahteraan masyarakat di perbatasan kedua negara.

Menurut Tubagus, hasil peninjauan ke daerah perbatasan negara yang masih disengketakan ini selanjutnya akan dibawa ke pemerintah pusat. Dalam hal ini, Komisi I akan memanggil kementerian terkait untuk membahas penyelesaian masalah perbatasan tersebut. "Hasil ini akan dibahas antar fraksi di DPR bersama kementerian terkait," katanya.
www.tempointeraktif.com/hg/.../03/.../brk,20100309-231107,id.html

No comments:

Post a Comment